Walikota Arab-Muslim Pertama Dearborn, Michigan, AS Pro-Palestina

Dearborn, ibukota Negara Bagian Michigan, Amerika Serikat baru saja memilih seorang muslim keturunan Arab pertama yang menjadi walikota. Abdullah Hammoudi, seorang politisi berusia 31 tahun dari partai Democrat AS telah mengalahkan Gary Woronchak, politisi senior di kota tersebut dengan total suara 55%.

Abdullah juga dikenal sebagai politisi pro-Palestina. Ketika agresi 11 hari israel ke Gaza bulan Mei lalu (ia masih menjabat sebagai anggota dewan) Abdullah berusaha bicara langsung dengan Presiden Joe Biden. Abdullah mendekati Joe yang sedang kunjungan ke Dearborn dengan menggunakan Keffiyeh khas Palestina. Meski hanya dijawab secara diplomatis oleh Presiden AS ke 46 tersebut, Abdullah berhasil memberinya sebuah surat.

Surat tersebut berisi harapan Abdullah mewakili komunitas Arab dan Palestina di Michigan yang menginginkan Amerika secara aktif terlibat untuk mencapai gencatan senjata. “…Saya menyebutkan contoh-contoh di atas dengan harapan mendatangkan jeda di dalam pikiran Anda, untuk mengevaluasi tindakan Amerika, sekali lagi, dalam konteks dehumanisasi dan pembersihan etnis yang terus-menerus dialami Palestina.” tulis Abdullah dalam suratnya.

“Saya bersiap-siaga bersama komunitas Kota Dearborn, dan jutaan masyarakat yang berbaris di seluruh dunia, untuk menjadi rekan seperjuangan yang berharap tragedi ini berakhir.” tutup Abdullah dalam suratnya. Menurut keterangan di laman twitternya, Joe Biden menerima surat tersebut dan membalasnya secara pribadi.
_
Sumber: Middle East Monitor, Aljazeera, twitter (@ AHammoudMI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Ada yang bisa dibantu?