Puluhan pemukim yahudi menyerbu masuk halaman Masjidil Aqsha, dengan dikawal pasukan kepolisian Israel.

Quds Press melaporkan, sebanyak 56 pemukim yahudi menyerbu masuk Masjidil Aqsha, dan berkeliling di halamannya, sambil mendengarkan penjelasan tentang kuil mitos yahudi, pada hari kedua yang dikenal dengan hari raya Hanukkah.

Disebutkan bahwa aparat kepolisian Israel dan pasukan khusus bersenjata lengkap, bertebaran di antara para pemukim yahudi, dan menemani para pemukim yahudis saat melakukan keliling di halaman masjid, sampai mereka keluar dari gerbang Silsilah.

Serbuan di waktu pagi berakhir setelah 3 jam setengah berturut-turut, dan kembali diijinkan bagi para pemukim yahudi untuk menyerbu tahap kedua, usai shalat dhuhur selama satu jam.

Serbuan dilakukan pemukim yahudi melalui gerbang Maghoribah, yang berada dalam kendali polisi Israel sejak tahun 1967, dimana keliling halaman Al-Aqsha, dijamin keamanannya oleh polisi Israel sampai selesai dan keluar melalui pintu Silsilah.

Pintu gerbang Silsilah menjadi langganan keluar dari ritual Talmud bagi para pemukim yahudi, sambil menari dan bernyanyi, terutama di hari raya yahudi, dan menjadi provokasi bagi kaum muslimin yang datang ke Masjidil Aqsha.

Beberapa waktu lalu, gerbang Masjidil Aqsha menjadi tempat ritual yahudi dan menodainya dari luar, dan nyanyian, tarian, minum khamar, dan membakar lilin hari rayak Hanukkah, di halaman al Ghazali di gerbang Asbat. (

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>