Kementerian kesehatan Palestina di Gaza, Rabu 5/12, menerima truck obat-obatan yang diberikan Sabit Merah Turki, sekitar 5 ton senilai 270 ribu dolar AS.

Saljuk Oazturk pejabat unit agenda internasional di Sabit Merah Turki, dalam koferensi pers yang digelar kementerian, menyatakan apresiasi dari Presiden Turki, Thayep Rejep Erdogan, dan kepala Sabit Mereka Turki untuk bangsa Palestina.

Dalam wawancaranya, Saljuk menyebutkan bahwa Sabit Merah Turki mendukung perjuangan rakyat Palestina sejak 9 tahun lalu, dan telah membuka kantor perwakilannya di Gaza, untuk memberikan bantuan di sejumlah sektor berbeda.

Kepala kerjasama internasional di kementerian kesehatan, Ashraf Abu Mahadi menyatakan, truck obat-obatan diberikan oleh Sabit Merah Turki senilai 270 ribu dollar, dan mampu menutupi kebutuhan kementerian kesehatan.

Abu Mahadi mengapresiasi upaya Turki, yang terus bersama bangsa Palestina, dan merespon kebutuhan kemanusiaan, terutama sektor kesehatan.

Donasi ini bukan yang pertama dari Sabit Merah Turki, ada donasi sebelumnya, dan kali ini merupakan kelanjutan dari proyek kemanusiaan mereka.

Pada Maret lalu, Sabit Merah Turki memberikan bantuan medis dan obat-obatan senilai 100 ribu dollar, kepada koleganya Palestina pasca seruan kemanusiaan dari Gaza.

Kementerian kesehatan Palestina membutuhkan 4 juta dollar setiap bulannya, untuk menutupi kebutuhan obat-obatan dan perlengkapan medis, senilai 150 ribu dollar setiap hari, ungkap Abu Mahadi.

Abu Mahadi menyebutkan, kebutuhan kementerian kesehatan terkait obat-obatan dan perlengkapan medis meningkat pasca bertambahnya jumlah korban luka, dalam aksi pawai kepulangan akbar yang diluncurkan pada Maret silam.

Kementerian kesehatan mengingatkan dalam keterangan sebelumnya bahwa sektor kesehatan terancam runtuh akibat kekurangan obat-obatan dan perlengkapan medis di gudangnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>