Pada Selasa (3/7/2018) pagi, para pemukim Zionis melakukan penggalian dan pembuldoseran di daerah Al-Yusufiyah al-Tahta di kota Hebron, wilayah selatan Tepi Barat, di tengah-tengah kekhawatiran pembangunan terowongan yahudisasi di bawah Masjid Ibrahimi.

Direktur Dinas “Wakaf Hebron”, Ismail Abu Halawa, mengatakan bahwa para pemukim Yahudi dan di bawah perlindungan militer yang diberikan oleh tentara penjajah Zionis, sedang melakukan penggalian di daerah “Yusufiyah” yang terletak di bawah Masjid Ibrahimi.

Menurut kantor berita Arab “Quds Press”, Abu Halawa menyatakan adanya ketakutan serius bahwa penjajah Zionis membuat terowongan di bawah Masjid Ibrahimi untuk mencapai ke gua “kuburan para nabi”.

Dia memperingatkan bahwa tim dinas wakaf dan warga memantau aktivitas penggalian dan pengangkutan tanah oleh para pekerja dan pemukim Yahudi di daerah tersebut, yang tidak dapat dijangkau oleh orang-orang Palestina karena adanya pos-pos pemeriksaan militer dan pembagian Masjid Ibrahimi.

Dia menyatakan bahwa sejak akhir bulan Ramadhan, penjajah Zionis mengintensifkan serangannya terhadap Masjid Ibrahimi, yang akan mengubah karakter Islam masjid tersebut serta memperkuat yahudisasi dan mengubahnya menjadi sinagog Yahudi.

Abu Halawa menilai penggalian ini merupakan “serangan serius dan sebuah eskalasi yang menarget keislaman Masjid Islam Ibrahimi, dan bertujuan untuk mengubah ciri-ciri agama dan arkeologinya. Ini merupakan pelanggaran secara terang-terangan terhadap hukum internasional.”

Perlu disebutkan bahwa penjajah Zionis telah membuka kantor polisi di Kota Tua di Hebron selama bulan Ramadhan. Dalam rangka untuk memberikan perlindungan kepada para pemukim Yahudi saat memasukkan salinan Taurat ke Masjid Ibrahimi.

Otoritas penjajah Zionis telah memberlakukan pembagian temporal dan spasial di masjid Ibrahimi setelah pembantaian yang pada tahun 1994, serta mencegah umat Islam shalat di Masjid Ibrahimi selama hari raya Yahudi dan mengizinkan mereka secara penuh untuk menggunakan masjid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>