Ratusan pemukim yahudi menyerbu tempat bersejarah di desa Awarta, Nablus Tenggara (Utara Tepi Barat), mereka menunaikan ritual Talmud dengan pengawalan ketat pasukan keamanan Israel.

Sumber di lapangan menyebutkan, sejumlah bis Israel mengangkut ratusan pemukim yahudi ke kawasan Barat desa Awarta, bersama puluhan aparat keamanan Israel.

Canel 7 Israel menyebutkan, sekitar 450 pemukim yahudi termasuk beberapa pimpinan militer di Tepi Barat, menyerbu kawasan makam Eliazar putera Harun di kawasan barat Awarta Palestina, mereka melakukan ritual keagamaan dengan pengawasan ketat aparat militer.

Warga setempat di Awarta mengatakan, pasukan Israel menutup gerbang desa dan memblokadenya, dan menebarkan personelnya di jalanan desa, untuk memudahkan masuk para pemukim zionis dengan berjalan kaki, sambil melakukan provokasi di jalanan desa.

Puluhan pemuda Palestina berupaya menghadang pasukan Israel yang menyerbu desa, dan melempari mereka dengan batu, yang direspon pasukan Israel dengan tembakan gas air mata dan peluru tajam secara intensif, yang menyebabkan beberapa dari pemuda mengalami gangguan pernapasan akibat menghirup gas air mata.

Terdapat 12 makam bersejarah Islam di kawasan Awarta, namun diklaim para pemukim yahudi di sana terdapat makam “Uzair” yang sering dikunjungi dengan pengawalan pasukan Israel, dan melakukan ritual keagamaan untuk mengambil kendali sebagai kawasan yahudi.

Para pemukim yahudi secara sengaja menyerbu masjid dan tempat keagamaan bersejarah Palestina, dan melakukan kekacauan dan provokasi disana, dalam upaya mengambil kendali penuh atas kawasan tersebut.

Para pengamat melihat upaya serbuan ke tempat-tempat bersejarah oleh para pemukim yahudi, memiliki tujuan permukiman yahudi yang dibalut ideology politik dan keagamaan, yang mereka klaim tempat ini khusus milik mereka sejak 2000 tahun lalu, sebagai pendahuluan untuk mengusir warga Palestina di kawasan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>