Tujuh tawanan Palestina mengalami luka-luka akibat serbuan dan tindakan keras sejumlah pasukan elit Israel Al-Matasada, Dror dan Al-Yamaz terhadap tawanan administrasi Palestina di Barak 15 Penjara Ofer, Senin (21/1).

Forum Tawanan Palestina menyebutkan, tentara melakukan penganiyaan terhadap tawanan disamping melakukan pemeriksaan secara luas merusak barang-barang milik tawanan di dalam penjara.

Dalam keteranganya, forum menegaskan, banyak pasukan yang dipanggil dari pasukan tambahan yang bertugas menyemprot tahanan dengan gas air mata, di delapan barak dari 10 barak yang ada di dalam penjara Ofer.

Dia menambahkan, penjara Ofer menjadi saksi ketegangan besar sejak hari kemarin. Mereka yang berjumlah 1.200 tahanan menghadapi bulan-bulanan penyerbuan, penindasan dan penggerebekan serta penggeledahan hingga mencapai 17 barak tawanan.

Ketika mereka melakukan serbuan ke salah satu bagian penjara dan membawa para tahanan keluar ke bangunan dalam cuaca yang sangat dingin, tanpa memberi mereka kesempatan untuk mengenakan pakaian tebal. Mereka juga biasa serang secara tiba-tiba di saat para tawanan tidur, termasuk pasien yang kondisi kesehatannya cukup serius.

Forum tawanan menganggap serangan yang dilakukan tentara terhadap para tawanan administratif merupakan bagian dari kebijakan sistematis yang dipraktikkan Israel, sebagaimana tahun lalu, puluhan tawanan mengalami luka akibat serangan tentara.

Forum menganggap menejemen penjara bertanggung jawab penuh atas keselamatan para tahanan di dalam penjara.

Dalam kaitan ini, situs 0404 Ibrani menyebutkan, sejumlah tahanan Palestina di penjara, “Ofer” membakar salah satu ruang penjara untuk memprotes aksi penyerbuan mendadak serta penindasan yang dilakukan tentara.

Dia menambahkan, banyak pasukan Israel yang dipanggil untuk menekan aksi para tahanan. Akibat bentrokan ini tujuh tahanan Palestina, termasuk tiga yang dipindahkan untuk perawatan di salah satu rumah sakit Israel mengalami luka cukup parah.

Dia mengklaim, pembakaran ruangan terjadi setelah penggeledahan salah satu bagian penjara, di mana ponsel dan beberapa slide ditemukan bersama dengan peralatan yang dianggap terlarang berada di dalam ruang tahanan.Dia menjelaskan, tahanan diperlakukan dengan semena-mena.

Sementara itu, jumlah tahanan Palestina di dalam penjara Israel mencapai 6 ribu orang, termasuk 250 anak-anak dan seorang gadis kecil serta 54 gadis dan wanita lainya. Disamping itu terdapat juga delapan anggota Legislatif, 27 jurnalis dan 450 tahanan administratif. 750 tawanan sakit dan sekitar 200 kondisi yang membutuhkan intervensi dan perawatan darurat

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>