Fakta Masjid Al-Aqsha (Part II) : Masjid Al-Qibli

Masjid Jami yang beratap serta berkubah timah ini terletak di selatan Masjid Al-Aqsha pada arah kiblat, sehingga masjid ini bernama Al-Qibli. Dibangun pertama kali oleh Khalifah Umar bin Khatthab saat pembebasan Masjid Al-Aqsha tahun 15 H dan merupakan masjid utama dalam kompleks Masjid Al-Aqsha.

Pembangunan selanjutnya dilakukan oleh Khalifah Bani Umayyah, Abdul Malik bin Marwan dan dilanjutkan oleh anaknya, Al-Walid bin bin Abdul Malik pada tahun 86-96 H/705-714 M. Luas masjid ini sekitar 4.000 M², panjangnya 80 M² dan lebarnya 55 M², dengan sedikit perbedaan antara panjang sisi timur dan barat, memiliki 11 gerbang, dan mampu menampung sekitar 5.500 jemaah.

Ketika Tentara Salib menguasai Yerusalem, mereka membagi Masjid Al-Qibli menjadi tiga bagian: satu diubah menjadi kantor, yang lain menjadi perumahan untuk Knights Templar (Laskar Kristus), dan yang ketiga menjadi gereja, dan tetap seperti itu sampai masa pemerintahan Shalahuddin Al-Ayyubi, sehingga masjid dipulihkan pada tahun 538 H/1187, dan kemudian dilakukan renovasi kembali di era Mamlukiyyah dan Utsmaniyyah di era modern.

Sejak penjajahan Yahudi atas masjid Al-Aqsha tahun 1967, Yahudi terus menerus melakukan Yahudisasi atas seluruh sudut Masjid Al-Aqsha termasuk penggalian bawah tanah yang mengancam pondasinya. Masjid Al-Qibli juga pernah terancam musnah dalam peristiwa pembakaran yang dilakukan oleh teroris Yahudi berkebangsaan Australia Dennis Michael Rohan pada 21 Agustus 1969.

Api Melahap habis perkakas masjid, sebagian tembok masjid serta Mihram Nabi Zakaria. Kebakaran juga menjalar ke tiga dari tujuh lorong masjid yang memanjang dari arah selatan ke utara, tulisan kaligrafi ayat pertama surah Al-Isra’ yang terbuat dari mozaik emas dan memanjang 23 meter kea rah timur juga habis terbakar. Termasuk mimbar kebanggaan umat Islam yang berumur 800 tahun lebih, Mimbar Nuruddin Zanky atau Mimbar Shalahuddin Al-Ayyubi juga hangus terbakar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Ada yang bisa dibantu?