Stephen Hawking tentang Palestina

Stephen Hawking adalah fisikawan dunia yang punya kontribusi besar di dunia sains, khususnya astro-fisika. Tidak banyak diketahui orang, meskipun ia mendiang bukanlah seorang yang relijius (bahkan mengaku atheis) amat lantang mendukung Palestina.

Pada tahun 2013, ia bergabung dengan kelompok saintis yang memboikot forum saintis di israel dengan tidak menghadiri undangan forum tersebut. Forum tersebut membahas masa depan israel dalam kacamata sains. Sebaliknya, Stephen Hawking mengucapkan selamat kepada seorang guru Palestina karena mendapatkan penghargaan Global Teacher Prize, pada tahun 2016. “Dibandingkan dengan guru-guru lainnya, Engkau adalah inspirasi bagi orang-orang di seluruh dunia.” ungkapnya kepada Hanan Al-Hroub.

Stephen bahkan pernah menulis di laman facebooknya pada tahun 2017, “Saya ingin mengajak (Anda semua untuk terlibat dalam) proyek penggalangan dana yang bertujuan membangun Sekolah Tinggi Fisika kedua di Palestina menjadi kenyataan.” Meskipun keberlanjutan penggalangan dana tersebut menghalangi hambatan, Stephen berhasil mengumpulkan dana sebesar 11.000 USD (Rp 154 juta).
_
sumber: trt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Ada yang bisa dibantu?